Madrasah Afrika

Indonesia Peduli

Akun terverifikasi

DONASI SEKARANG
Mereka Belajar Satu Meja bisa sampai 7 Orang! Ayo hadirkan Sekolah yang layak untuk Anak-Anak Afrika!
Uganda terletak di Afrika Timur dengan Kampala sebagai ibukotanya. Data di tahun 2020 jumlah penduduk Uganda tercatat sebanyak 45,74 juta jiwa. Di Uganda kaum muslimin adalah minoritas dengan persentase sebanyak 14 % dari total keseluruhan jumlah warga.

Berita baiknya, di Uganda agama Islam mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini disampaikan Juru Bicara Dewan Tertinggi Muslim Uganda, Ashraf Muvawala dikutip di Anadolu Agency, Ahad (5/9-2021), "Populasi Muslim di negara ini sedang meningkat. "

Banyak sekali problem berat yang harus dihadapi oleh warga Uganda yang disebut termasuk negara ketiga, salah satunya pendidikan.

Tingkat putus sekolah di sana sangatlah tinggi. Banyak anak tidak menyelesaikan sekolah mereka atau tidak memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk berhasil dalam kehidupan.

Hanya 1 dari 4 anak yang mulai sekolah dasar berhasil sampai ke sekolah menengah.

Kurang dari setengah (40 persen) siswa melek huruf di akhir sekolah dasar (data resmi UNICEF) Pendidikan agama Islam juga bernasib sama dengan pendidikan Uganda secara umum. Pesatnya perkembangan jumlah pemeluk islam tidak diimbangi dengan jumlah fasilitas pendidikan yang menjaga keislaman mereka.

Sehingga masih sangat banyak kaum muslimin yang belum bisa membaca alquran dan memahami ajaran islam meski hanya tingkat dasar.

Catatan : "Semua donasi ini dikumpulkann olehh Indonesia Peduli dan Indonesia Peduli tidak terasosiasi dengan TikTok"